Ads Here

Selasa, 14 Maret 2017

10 Hewan Terbesar Di Dunia

Dunia ini ada banyak terdapat hewan dengan ukuran yang besar, dibawah ini merupakan daftar 10 Hewan Terbesar di Dunia Versi Kinos Blog :

10. Kepiting Terbesar

Kepiting terbesar di dunia yang dijuluki Crab Kong berhasil ditangkap seorang nelayan di Jepang. Laman metro.co.uk mewartakan. Kepiting yang masuk dalam keluarga colossus crustasean bergaris tengah tiga meter ini ditangkap seorang nelayan di daerah Heda di teluk Suraga sebelah barat Tokyo, Jepang.

10 Hewan Terbesar Di Dunia



Kepiting raksasa ini juga diperkirakan masih anak-anak. Crab Kong yang beratnya 15 kg ini berumur 40 tahun. Apabila kepiting selebar 3 meter ini telah dewasa, kesepuluh capitnya bisa untuk mengangkat sebuah mobil.


10 Hewan Terbesar Di Dunia

Awalnya, nelayan yang identitasnya dirahasiakan itu bermaksud untuk menjual kepiting raksasa ini untuk makan malam. Untungnya, peneliti kehidupan laut di Weymouth, Inggris, menyelamatkan kepiting raksasa itu. Crab Kong akan menempati rumah barunya di Munich, Jerman.

10 Hewan Terbesar Di Dunia

“Kong pasti sangat menarik untuk dilihat. Bahkan lebih besar daripada kepiting terbesar sebelumnya, Crabzilla,” kata Robin James, peneliti di Sea Life. Ahli sealife Inggris berencana untuk membuat B-movie-gaya Jepang dengan judul krustasea terbesar di Inggris: Crab Kong vs Crabzilla.

Salah satu penantang untuk mahkota tersebut, kepiting laba-laba Jepang, yang dijuluki “Crab Kong” dan digambarkan sebagai “Ronaldo” dari dunia akuarium, tiba di Weymouth’s Sea Life Park awal bulan ini setelah ditangkap oleh nelayan di Teluk Suruga, tenggara Tokyo.

10 Hewan Terbesar Di Dunia

Crab Kong sudah memiliki cakar mencakup tiga meter (10 kaki) dan berat 15 kilogram (33 lbs). Hal itu menempatkannya di divisi yang sama seperti Crabzilla, kepiting terbesar di Inggris yang diimpor oleh Birmingham Nasional Sealife Centre tahun lalu. Kedua makhluk tersebut masih tumbuh dan bisa hidup lebih dari 100 tahun.

Robin James, seorang ahli biologi di Sea Life Park, telah mengunjungi desa tempat Kepiting Kong tertangkap dan berencana untuk mengangkutnya ke Inggris. Crab Kong akan dipindahkan ke rumah permanennya di Munich’s Sea Life Center akhir tahun ini.

10 Hewan Terbesar Di Dunia


“Mendapatkan hewan mengesankan seperti Crab Kong untuk akuarium, setara dengan mendapatkan Ronaldo (dalam sepakbola),” kata James. “Memberikan kesempatan pada orang-orang untuk menjadi saksi pertama dari banyak keajaiban dari lautan, membantu meningkatkan dukungan untuk konservasi laut.”katanya.

9. Hercules

10 Hewan Terbesar Di Dunia

Anjing raksasa bernama hercules, pemegang rekor guinness untuk anjing terbesar di dunia. Hercules adalah anjing ras mastiff inggris. Ukuran leher 38 inci dan beratnya 282 kg. Anjing ini lebih besar dan lebih berat dari batas ras yang sama.

Pemilik Hercules, Mr.Flynn mengatakan bahwa berat hercules adalah alami dan bukan disebabkan oleh makan makanan yang aneh. Rahasia nya : “memberinya makan makanan normal dan ia hanya tumbuh dan tumbuh dan tumbuh.

8. Chili

10 Hewan Terbesar Di Dunia

Namanya adalah Chili. Meskipun memiliki tubuh yang besar, chili hanya makan rumput pada siang hari dan menikmati kohlrabi sesekali sebagai makanan lezat. Lembu Chili tentu saja mempunyai berat yang tidak umum untuk ukuran seekor lembu.

Lembu Chili adalah lembu yang mempunyai berat tidak umum yakni mempunyai berat sekitar 1,25 ton yang tentu saja untuk ukuran di jamin bikin terpukau.

Tidak hanya berat saja, ternyata Lembu Chili ini juga mempunyai tinggi yang luar biasa yakni 6 kaki 6 inchi atau sekitar 3 meter, tentu saja membuat kita mengdangak untuk melihat kepala dari Lembu Chili ini. Bahkan faktanya adalah ternyata Lembu Chili ini merupakan seekor lembu yang di nilai paling tinggi di Negara Inggris yang tentu saja sangat luar biasa.

7. Babi

10 Hewan Terbesar Di Dunia

Pertanian provinsi liaoning museum menarik guinness book of records untuk mengakui babi 900 kg (1984 pounds). Sayang nya babi itu sudah mati, panjangnya 2,5 meter, memiliki ukuran pinggang 2,23 meter dan gading sebesar 14,4 cm. Menurut xu changjin seorang petani dari kota wafangdian, babi itu bertahan hidup hanya 5 tahun.


6. Giant Mekong Catfish

10 Hewan Terbesar Di Dunia


Mekong Giant Catfish: Lele raksasa sungai Mekong dulu berlimpah di sekitar perbatasan Thailand dan Myanmar, namun sekarang mereka menjadi terancam punah akibat kehilangan habitat dan pemancingan berlebihan.

Giant mekong catfish ini adalah ikan air tawar terbesar di dunia. Dengan hampir memiliki panjang sembilan kaki (2,7 meter), ini adalah ikan terbesar yang pernah ditangkap di thailand utara.

5. Liger

10 Hewan Terbesar Di Dunia

Jungle island di miami adalah rumah bagi liger (persilangan sebuah hibrida antara singa jantan dan harimau betina) bernama hercules. Liger ini diakui oleh guinness book of world records sebagai kucing terbesar di dunia, dengan berat 900 kg.

4. Ikan Pari

10 Hewan Terbesar Di Dunia

Para Ilmuwan yang sedang berada di Sungai Mae Klong, Thailand menemukan seekor ikan pari yang sangat besar yang mereka yakini akan menjadi sebuah pesaing bagi ikan terbesar yang sudah pernah didokumentasikan.

Nantarika Chansue, seorang dokter hewan dan professor dari Universitas Chulalongkorn di Bangkok, membantu menangkap dan mengukur hewan yang ia sebut-sebut sebagai “the big one”.

Ikan pari (Himantura polylepisatau H. chaophraya ) ini memiliki lebar 7.9 kaki (2.4 meter) dan memiliki panjang 14 kaki (4.3 meter) serta berat tubuh sekitar 700-800 pounds (318 hingga 363 kilogram), katanya melalui email.

Kelompok peneliti ini belum bisa memastikan berapa berat badan dari ikan pari ini karena “sangat sulit untuk menimbang hewan ini tanpa menyakitinya, karena mereka sangat besar.” Kata Zeb Hogans, seorang profesor dan peneliti national geographic dari Universitas Nevada, Reno.

“tentu saja (hewan) ini ikan yang sangat besar bahkan jika dibandingkan dengan ikan pari lainnya, dan tentu saja menempati urutan teratas di antara ikan terbesar di dunia,” katanya.

Hogan memiliki keterangan-keterangan khusus mengenai ikan pari ini: hewan sejenis pernah ditemukan dan dilabeli pada tahun 2009 lalu dalam penelitian yang ia lakukan  juga dengan Nantarika.

Pada tahun 2009, Ikan Pari ini memiliki lebar 6.5 kaki (2 meter) dan panjang mencapai 15 kaki (4.58 meter). “ekornya mungkin sudah memendek karena suatu,” kata Nantarika. Ikan pari ini juga memiliki sebuah bekas gigitan yang kemungkinan terjadi karena ikan pari jantan.

Seiring berjalannya waktu sejak terakhir ikan pari ini diteliti, para ilmuwan kini memiliki pemikiran yang lebih baik bahwa betapa cepatnya ikan pari ini tumbuh.

Seperti kebanyakkan ikan pada umumnya, mereka terus berkembang dan tumbuh selama mereka masih hidup dan dapat menemukan makanan yang cukup.

10 Hewan Terbesar Di Dunia

Ikan pari raksasa ini merupakan hewan pemakan di dasar air, mereka memangsa ikan, udang, remis, kerang dan apapun yang bisa mereka temukan.

Para Ilmuwan tidak tahu berapa lama ikan pari akan hidup, tetapi Nantarika memperkirakan hewan satu ini dapat hidup sekitar 35 dan 40 tahun, sesuai dengan ukurannya.

Hogan terus memantau rekor-rekor dari ikan air tawar terbesar melalui ‘Megafish Project’-nya, dalam penelitian ini ia mempelajari seluruh ikan air tawar terbesar di dunia, dan ia mengatakan bahwa rekor sebelumnya ditempati oleh seekor ikan lele dari sungai Mekong yang memiliki berat sekitar 693 pounds (314 kilogram).

Laporan yang belum pasti kebenarannya ini telah memperkirakan bahwa berat dari ikan pari tersebut mencapai 1,100 hingga 1,300 pounds (500 hingga 600 kilogram).

The Guinness Book of World Record juga sudah memasukkan Ikan lele sungai Mekong ini yang berhabitat di Thailand ini sebagai ikan air tawar terbesar di dunia, dengan memiliki massa seberat 660 pounds (300 kilogram).

Dalam edisi tahun 2015,  mengatakan bahwa ikan pari terbesar ini merupakan kategori yang berbeda dengan ikan yang memiliki tulang, walaupun secara teknis ikan pari juga termasuk ke dalam salah satu tipe ikan.

Anthony Yodice juru bicara dari Guinness World Record  Amerika Utara mengatakan tidak akan mengomentari tentang rekor terbaru ini sebelum adanya surat permohonan resmi yang telah diserahkan dan ditinjau lebih jauh lagi.

Ikan pari ini merupakan hewan ketujuh yang sudah ditemukan oleh Hogan dan Nantarika selama program 10 tahun mereka. Hewan ini sangat sulit ditemukan, oleh karena itu para peneliti bekerja sama dengan Fishian Ltd, sebuah perusahaan yang menawarkan untuk memandu pemancingan catch and realese untuk para wisatawan yang menangkap ikan pari raksasa ini minggu lalu.

3. Hiu Paus

10 Hewan Terbesar Di Dunia

Hiu paus, Rhincodon typus, adalah hiu pemakan plankton yang merupakan spesies ikan terbesar dan merupakan hewan terbesar yang masih hidup di dunia, di luar paus.

Ukuran rata-rata hewan dewasa diperkirakan sekitar 9.7 meter (31.8 ft) dan seberat 9 ton. Spesimen terbesar yang dapat diverifikasi, adalah yang tertangkap pada 11 November 1947, di Karachi, Pakistan.

Panjangnya sekitar 12.65 meter (41.50 ft) dan beratnya lebih dari 21,5 ton, sementara lingkar badannya sekitar 2.1 meter (6.9 ft). Bukan jarang kisah-kisah mengenai Hiu paus yang berukuran jauh lebih besar – dengan panjang hingga 18 meter (59 ft) dan berat hingga 45,5 ton namun sejauh ini tidak ada bukti-buktinya secara ilmiah.

Sebagai pemakan plankton, yang memperoleh mangsanya dengan menyaring air laut, hiu paus memiliki mulut yang berukuran besar, hingga selebar 1.5 meter (4.9 ft) yang berisikan 10 lembaran penyaring dan sekitar 300 hingga 350 deret gigi kecil-kecil.

Ikan ini juga memiliki lima pasang insang berukuran besar. Dua mata yang kecil terletak di ujung depan kepalanya yang datar dan lebar. Warna tubuh umumnya keabu-abuan dengan perut putih, tiga gigir memanjang terdapat di masing-masing sisi tubuhnya, serta lukisan bintik-bintik dan garis kuning keputih-putihan yang membentuk pola kotak-kotak.

Pola bintik-bintik yang mengesankan sebagai taburan bintang itu bersifat khas untuk masing-masing individu, dan acap digunakan dalam perhitungan populasi. Kulitnya hingga setebal 10 sentimeter (3.9 in). Sirip punggung dan sirip dada masing-masing sepasang.

Pada hewan muda, sirip ekornya lebih panjang yang sebelah atas, sementara pada hewan dewasa sirip ini lebih berbentuk seperti bulan sabit.

2. Amy

10 Hewan Terbesar Di Dunia


Amy, si kelinci raksasa yang berumur 3 tahun ini memiliki berat 3,5 stones (22,225 kg) dan memiliki ukuran 4 kaki (sekitar 1,219 m), dihitung dari ujung hidungnya hingga ujung ekor bulatnya yang super besar.

Amy menjadi pemegang rekor kelinci terbesar dan terpanjang di dunia setelah sebelumnya rekor tersebut dipegang oleh Roberto yang memiliki berat 2,5 stones (15,875 kg) dan 3 kaki 6 ichi. (106, 68 cm).

“Aku tak pernah menyangka aku akan melihat hal itu, namun sekarang secara resmi Amy lebih besar dari Roberto.” Baik Amy dan Roberto adalah kelinci milik Annete Edwards.

Saking besarnya, Amy terpaksa harus tidur diluar kandang anjing. Setiap hari Amy makan makanan khusus kelinci yang diletakkan di mangkuk makanan anjing dan 2 buah apel, segenggam penuh wortel, separuh kubis dan rumput yang segar.

Tapi menurut Annete (55 tahun), Amy tidaklah gemuk karena ia makan makanan yang sehat. Setiap hari Annete harus menyisihkan 10 Poundsterlling hanya untuk kebutuhan makan Amy. Walau begitu Annete mengakui kalau Amy sangat besar dan itu karena Amy rajin berlatih dan mendapat makanan bergizi.

"Amy itu suka pilih-pilih makanan. Ia hanya suka jika wortelnya masih memiliki daun hijau diatas wortelnya dan rumputnya juga harus segar, jika tidak ia tidak akan mendekati makannya.”

Amy dan Roberto dibeli di Holland dari seorang peternak kelinci saat Annete menjalankan toko hewan peliharaan di Worcester. Saking sayangnya Annete dengan kedua kelinci itu, dua tahun lalu ia membuat acara pernikahan untuk Roberto dan Amy dan mengundang 100 orang tamu.

Namun sayangnya, baik Amy dan Roberto harus dipisah setelahnya. Jika tidak mereka akan selalu menghasilkan banyak anak kelinci. Namun demikian Annete berharap agar anak mereka nantinya bisa menggantikan mereka memegang rekor kelinci terbesar di dunia.

”Pemegang rekor selanjutnya kuharap adalah salah satu anak mereka – yang mana semuanya besar namun masih harus terus berkembang,” tutur Annete. Aku suka kelinci dan aku benar-benar ragu jika ada pasangan kelinci lain yang lebih besar dari mereka saat ini. Mereka adalah benar-benar pasangan kelinci yang sangat besar,” tambahnya.

1. Arapaima

10 Hewan Terbesar Di Dunia

Arapaima, pirarucu, atau paiche (arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis yang tinggal di sungai-sungai di benua amerika dan juga asia.

Mereka pemakan ikan lain dan berwarna merah diujung ekor mereka. Mereka terancam punah akibat kehilangan habitat mereka saat mereka bermigrasi. Ikan arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram.

Saat ini sudah sangat jarang terdapat arapaima yang berukuran lebih dari 2 meter karena ikan ini sering ditangkapi untuk dikonsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar